Langsung ke konten utama

pengertian limbah

A. Pengertian Limbah
Limbah adalah zat atau bahan buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik (rumah tangga), yang kehadirannya pada suatu saat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena dapat menurunkan kualitas lingkungan. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa limbah merupakan suatu zat atau benda yang bersifat mencemari lingkungan. Limbah tidak mempunyai nilai ekonomis, karena itu limbah dibuang. Keseimbangan lingkungan menjadi terganggu jika jumlah hasil buangan tersebut melebihi ambang batas. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, keberadaan limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah bergantung pada jenis dan karakteristik limbah.
Adapun karakteristik limbah adalah sebagai berikut.
1. Berukuran mikro, maksudnya ukurannya terdiri atas partikel-partikel kecil yang dapat kita lihat.
2. Dinamis, artinya limbah tidak diam di tempat, selalu bergerak, dan berubah sesuai dengan kondisi lingkungan.
3. Penyebarannya berdampak luas, maksudnya lingkungan yang terkena limbah tidak hanya pada wilayah tertentu melainkan berdampak pada faktor yanglainnya.
4. Berdampak jangka panjang (antargenerasi), maksudnya masalah limbah tidak dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Sehingga dampaknya akan ada pada generasi yang akan datang.
Berdasarkan karakteristiknya, limbah industri dapat digolongkan menjadi empat bagian, yaitu:
1. Limbah gas dan partikel
2. Limbah cair
3. Limbah padat
4. Limbah bahan berbahaya dan beracun/B3.
Sedangkan secara garis besar, limbah dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
1. Limbah organik
2. Limbah anorganik
3. Limbah bahan berbahaya dan beracun/B3
Kualitas limbah dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang memengaruhi kualitas limbah adalah sebagai berikut.
1. Volume limbah Banyak sedikitnya limbah memengaruhi kualitas limbah. Jika limbah di lingkungan terdapat dalam jumlah banyak, limbah tersebut berbahaya. Akan tetapi, jika jumlahnya sedikit maka limbah tidak akan membahayakan.
2. Kandungan bahan pencemar Kualitas limbah dipengaruhi oleh kandungan bahan pencemar. Limbah dikategorikan berbahaya jika mengandung pencemar berbahaya. Jika limbah tidak mengandung bahan pencemar berbahaya, berarti limbah tersebut tidak membahayakan.
3. Frekuensi pembuangan limbahPembuangan limbah dengan frekuensi yang sering akan menimbulkan masalah. Jika pembuanganlimbah dilakukan dengan frekuensi yang tidak sering maka limbah tidak akan membahayakan.
B. Macam-macam Limbah
1.Ditinjau secara KimiawiPengertian senyawa adalah zat yang terdiri atas dua unsur atau lebih yang bergabung melalui suatu reaksi kimia. Semua benda yang ada di sekeliling kita, seperti tanah, air, udara, minyak, besi, dan Iain-Iain disebut zat atau materi. Semua zat terdiri atas unsur. Unsur adalah zat yang paling sederhana yang tidak dapat diuraikan lagi. Limbah ditinjau secara kimiawi, terdiri atas:
Limbah organikLimbah organik adalah limbah yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang diambil dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian, petemakan, rumah tangga, dan industri yang secara alami mudah terurai oleh aktivitas mikroorganisme baik secara aerob maupun anaerob. Contoh limbah organik adalah batang sayuran, kulit buah-buahan, bulu ayam, dan kotoran hewan.
Limbah anorganikLimbah anorganik adalah limbah yang bukan berasal dari makhluk hiddup dan tidak dapat di uraikan oleh mikroorganisme. Limbah anorganik tidak mudah hancur. contohnya botol, kaleng, kaca, pestisida, logam,plastik, dan sebagainya. Limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) adalah limbah hasil dari kegiatanmanusia yang mengandung bahan kimia dan zat beracun yang berbahaya bagi makhluk hidup, khususnya manusia.
2.Berdasarkan Wujudnya Berdasarkan wujudnya limbah dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu:
a. Limbah padatLimbah padat adalah limbah yang berwujud padat. Limbah padat bersifat kering, tidak dapat berpindah kecuali ada yang memindahkannya. Limbah padat ini misalnya, sisa makanan, sayuran, potongan kayu, sobekan kertas, sampah plastik, dan logam.
b. Limbah cairLimbah cair adalah limbah yang berwujud cair. Limbah cair terlarut dalam air, selalu berpindah, dan tidak pernah diam. Contoh limbah cair adalah air bekas mencuci pakaian, air bekas pencelupan warna pakaian, dan sebagainya.
c. Limbah gasLimbah gas adalah limbah zat (zat buangan) yang berwujud gas. Limbah gas dapat dilihat dalam bentuk asap. Limbah gas selalu bergerak sehingga penyebarannya sangat luas. Contoh limbah gas adalah gas pembuangan kendaraan bermotor. Pembuatan bahan bakar minyakjuga menghasilkan gas buangan yang berbahaya bagi lingkungan.
3.Berdasarkan Sumbernya Jenis limbah berdasarkan sumbernya, dapat dibedakan menjadi:
a.Limbah rumah tangga Limbah rumah tangga disebut juga limbah domestik.
b.Limbah industryLimbah industri adalah limbah yang berasal dari industri. Hasil buangannya dapat berbentuk padat, cair, dan gas bergantung benda yang dibuat.
c.Limbah pertanianLimbah padat yang dihasilkan dari kegiatan pertanian, contohnya sisa daun-daunan, ranting, jerami, dan kayu, sedangkan limbah cair,
d.Limbah minyakMinyak merupakan bahan bakar utama pembangkit tenaga pada alat transportasi maupun industri. Limbah/buangan/tumpahan minyak dalam proses eksploitasi, pengangkutan, dan peng-gunaannya dapat terjadi akibat kebocoran, kecelakaan, maupun tumpahan lainnya.
Akibat yang dapat ditimbulkan oleh limbah minyak di perairan, misalnya:
1. Fitoplankton tidak dapat berfotosintesis.
2. Pertukaran udara dari air dengan udara bebas terganggu.
3. Hewan yang sumber makanannya berada di dalam air, seperti burung, menjadi kesulitan mencari makan karena pandangannya terhalang.Jadi, limbah minyak yang berada di air tawar maupun air laut akan mengancam perkembangan biota pada lingkungan tersebut.lebih lengkap>>>>

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Adobe Illustrator CC 2014 (32-bit) Full Version

Blogahmadi.blogspot.com-kali ini blog ini akan share sebuah software yaitu juga tetangga atau juga bisa di sebut saudara dari adobe phothoshop yaitu adobe illustrator, di sini saya memberikan link download untuk versi 2014:

untuk link downloadnya di bawah ini:
Adobe Illustrator CC 2014 – Part 1Adobe Illustrator CC 2014 – Part 2Adobe Illustrator CC 2014 – Part 3Adobe Illustrator CC 2014 – Part 4CrackPassword  :  www.bagas31.com

mirror link: adobe ilustrator 

Cara Install :
Download Adobe Illustrator CC 2014 dan Cracknya melalui link di atasPastikan PC kamu tidak terhubung koneksi internetEkstrak part 1 dengan WinRAR, sehingga part yang lainnya akan ikut ter-ekstrak secara otomatis, kemudian jalankan Set-up.exePilih Try → Sign In → (muncul notifikasi error) Sign Later, lalu install seperti biasaJika instalasi sudah selesai, jangan dibuka dulu softwarenyaBuka folder Crack, kemudian Copy file amtlib.dllPaste di folder instalasi Adobe Illustrator CC
ex : C:\Program Files\Adobe\Adobe Illustrat…

POSISI ATOM KARBON DALAM RANTAI KARBON

posisi atom karbon di tentukan oleh banyaknya atom karbon yang mengikat atom karbon tersebut dalam rankaian karbon, posisi atom karbon di bedakan menjadi empat macam yaitu:

atom karbon primer
atom karbon primer adalah atom yang hanya terikat oleh satu atom karbon yang lain.atom karbon sekunder
atom karbon sekunder adalah atom karbon yang terikat oleh dua atom karbon yang lainatom karbon tersier
atom karbon tersier adalah atom karbon yang terikat oleh tiga atom yang lainatom karbon kuartemer
atom karbon yang terikat oleh empat atom karbon yang lain
demikianlah artikel saya kali ini , semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan, blog ini saya isi dengan materi sekilas

Nero 2014 Platinum 15.0.07100 Final Full Keygen

Nero saat ini sudah tidak lagi hanya sekedar aplikasi burning semata saja, Nero terus berimprovisasi dan menyediakan  fitur-fitur untuk memudahkan anda dalam mengolah file-file multimedia anda. Nero 2014 Platinum – The Platinum Standard in HD Multimedia
Cara aktivasi Nero 2014 Platinum 15 dengan keygen & patch :
Install Nero 2014 Platinum 15.0.07100 Final, jika sebelumnya anda sudah install Nero, hapus dulu sampai bersih.Di saat proses install, akan di minta masukan serila number, gunakan serial yang disediakan saja. (Install trial dulu).Selesai install, jangan lupa matikan auto update nya.Buka task manager, and proses nero update.Jalankan keygen, klik patch. Tunggu hingga proses patch selesai dan sukses.Buka Nero 2014 Platinum 15.0.07100 Final, copy serial dari keygen, dan masukan ke Nero 2014 Platinum 15.Done! Nero 2014 Trial anda sudah berubah menjadi Nero 2014 Platinum 15.
Minimum system requirements for Nero 2014 Platinum
Windows® XP SP3 (32 bit), Windows Vista® SP2 or later …